Jumat, 14 September 2012

Cerpen



CURAHAN HATI GADIS GALAU




Harus mulai cerita  dari mana?. Yah, pertanyaan ini tiba-tiba saja muncul dikepalaku. Galau, itulah acapkali kurasakan. Kulit hati yang  tipis ini tak mampu membendung perasaan sedih yang begitu dalam. Ini bukan tentang goresan-goresan kecil di masa lalu, tetapi hanya galau yang terlalu. Aku hanya bisa memandangnya dari kejauhan, jantungku berdebar-debar jika aku tiba-tiba saja berpapasan dengannya. Entah kenapa perasaan itu tiba-tiba muncul saat pertama kali melihatnya. Mungkin semua orang seperti itu jika sedang jatuh cinta. Jatuh cinta pandangan pertama.

          Awal mula aku mengenalnya semenjak aku SMA. Aku pertama kali melihat dia di Kantin, ketika aku sedang makan siang bersama teman-temanku, jantungku seperti berdegup dengan kencang setiap melihatnya. Mudah-mudahanan saja teman yang ada disampingku tak merasakannya. Aku pun berusaha untuk tenang supaya aku tidak salah tingkah. Aku harus bisa menjaga perasaan ini, karena aku tidak mau semua teman-temanku mengetahuinya. Aku bisa jadi bahan gosip bagi mereka.. 

          Rasanya seperti lilin yang meleleh. Cara jalannya, penampilannya, wajahnya,  aku hanya bisa  berkata “wow”. Mungkin menurut orang lain dia biasa saja. Tapi menurutku, dia sangatlah istimewa. Ingin rasanya aku mengatakan, “aku menyukai dia apa adanya”





          Suatu malam ketika aku sedang bersantai di teras rumah sahabat ku Rirhy, aku ungkapkan segalanya.
“Rirhy,, aku …”  
“kamu kenapa Bhy?”.
“aku,, mau ungkapkan perasaanku kepada seseorang”
“cieee,, perasaan apa nih Bhy?”
“aku serius Rhy, ini perasaan hati ku”

“ehemmm, ada yang lagi jatuh cinta nih, namanya siapa Bhy?”
“Ada deh”
 jawabku setelah berbagai pertanyaan investigasi dari Rirhy
 “mmmmhhh, tinggal dimana?, sekolah dimana? Kelas berapa? Ayolah Ebhy, kasih tahu namanya, jadi aku bisa cari tahu,” ujar Rirhy sambil tertawa.
 “Haaaaaah, Maaf Rirhy, ingin rasanya memberitahumu. Tapi aku pun terlalu takut dengan kenyataan”
“Takut Kenyataan atau takut akan masa lalu kamu yang suram itu?” sambil mengejekku “tunggu sebentar ya Bhy, aku buatin minuman dulu, kamu mau minum apa?”
“Apa sajalah Rhy.”
“okey
J


          Saat Rirhy masuk kedalam rumahnya. Seketika itu pula aku  membayangkan masa laluku yang suram itu. Tetapi aku sama sekali tak menyalahkan masa lalu, karena masa lalu membuatku tegar, bias menjadi lebih dewasa dan dapat menafsirkan hidup dengan cara yang berbeda. Aku yakin masa lalu tak selamanya meninggalkan hal-hal yang buruk untuk masa sekarang, malahan kejadian di masa lalu menjadi kado yang istimewah dari Sang Pencipta karena lebih cepat aku merasakan padih di masa lalu, lebih cepat aku bisa berubah dan mulai kehidupan yang baru. Tanpa masalah, aku tidak akan pernah belajar dan lebih cepat aku membuka pintu keberhasilanku. Sekali lagi aku yakin bahwa masa lalu akan membuatku sukses, tanpa harus mengulang-ulangi hal yang sama.  Intinya aku bisa belajar dari masa lalu.



“hey Ebhy.. Bhy, Eeeeebhy,, Hellloo !!”sambil memukul pundakku
“eeeh,, iyaaa Rhy kenapaa?”
“walah malah melamun, kesambet setan baru rasa”
“Astagfirullahalazim, Rhy kamu ngomong apa sih.

“maaf cuma bercanda, dari tadi tuh aku panggil-panggil kamu .”
“maaf Rhy aku tidak mendengarnya.”
“ya sudahlah, ngelamunin siapa Bhy, sampai-sampai tidak mendengarku?.”
“ bukan siapa-siapa Rhy, Aku cuma teringat masa lalu.”
“oh, kirain kamu ngelamunin Pujaan Hatimu itu.”
“hmm, Rhy bisa tidak kamu sekali saja tidak
mengejekku/bully.”
“oh, tidaak bisaa, itu sudah kewajibanku :D”
“hmm, terserah kamu lah Rhy”
 “yeeh, jangan marah Ebhy, aku kan cuma bercanda”
“hmm, iyalah”
“gitu dong, keep smile,  Ebhy, ku penasaraan, siapa siih yang bisa buat kamu jatuh cinta lagi”
J kamu tidak usah tahu Rhy dan aku juga tidak berharap banyak dengan dia”

          Kenyataannya, aku pun belum pernah menyapanya ataupun mendekatinya. Mungkin dia sudah memiliki kekasih disana yang sangat dicintainya. Yah, sekali lagi aku hanya bisa memandangnya dari jauh. Dengan melihat wajahnya saja, itu sudah membuat hatiku senang. Sudah lama aku tidak merasakan hal ini. Yang ada hanya seperti biasa, tidak ada yang istimewa, hanya berlalu begitu saja. pada akhirnya aku tak mengungkapkan segalanya.

          Satu hal yang pasti, aku tidak merasa sedih dengan perasaanku yang tidak jelas ini. Dibilang kasihan juga bisa, tapi tidak terlalu kasihan juga,yaaah.. sedang-sedang saja, karena perasaan ini membahagiakanku. Dia sudah membuat hidupku lebih bersemangat, dia yang sudah membuatku tersenyum sendiri, segalanya lebih terasa berwarna sekarang.

          Aku petik satu kalimat cantik dari Rirhy. Apa yaaah,  aku juga lupa, intinya,, “Ikhlas”. Dan aku pernah kutip satu puisi indah yang menyentuh jiwa. Dimana cinta itu tidak harus selalu memiliki. Cinta yang tulus akan selalu bahagia walaupun tersakiti. Ku akan selalu mendoakan yang terbaik untuk orang yang terkasih.


Cinta Tak Harus Memiliki

Aku mengenalmu lewat jiwa
Bukan lewat mata
Aku menjadikanmu kekasih lewat hati
Ku tak tahu…
Seperti apa aku dalam pandanganmu
Selayak apa aku dalam kehidupanmu
Tapi yang aku tahu
Meski dengan keterbatasanku
Berbalut kekuranganku
Aku menulis namamu dihatiku
Sejak awal kita bertemu
Dan takkan pernah terganti

Apa lagi terhapus…



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar