Kamis, 06 September 2012

TUGAS PRAKTIKUM PERTAMA ( BIOLOGI )


LAPORAN PRAKTIKUM
STRUKTUR SEL TUMBUHAN
(Sel Gabus dan Sel Bawang Merah) 
 

DISUSUN OLEH
XI IPA 1
o ETRI HUMAERAH
o NASKAH
o SYAMRANA SYAM
o ASMAUL HUSNAH


TUJUAN
·         Mengamati struktur sel gabus dan sel bawang merah
TEORI
Dalam biologi, sel adalah kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup. Sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan sebagian besar reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan berlangsung di dalam sel. Kebanyakan makhluk hidup tersusun atas sel tunggal,[5] atau disebut organisme uniseluler, misalnya bakteri dan ameba. Makhluk hidup lainnya, termasuk tumbuhan, hewan, dan manusia, merupakan organisme multiseluler yang terdiri dari banyak tipe sel terspesialisasi dengan fungsinya masing-masing.[1] Tubuh manusia, misalnya, tersusun atas lebih dari 1013 sel.[5] Namun demikian, seluruh tubuh semua organisme berasal dari hasil pembelahan satu sel. Contohnya, tubuh bakteri berasal dari pembelahan sel bakteri induknya, sementara tubuh tikus berasal dari pembelahan sel telur induknya yang sudah dibuahi.
ALAT DAN BAHAN
a.      Alat :
  • Pisau silet yang tajam
  • Mikroskop
  • Kaca Preparat
  • Kaca Penutup
  • Aquades
  • Kertas isap
b.   Bahan :
  • Gabus singkong
  • Bawang merah




CARA KERJA
A.     Membuat Preparat sel Gabus
1.      Periapkan mikroskop dengan baik
2.      Sayatlah gabus ubi kayu setipis mungkin seara melintang
3.      Letakkan sayatangabus itu di tengah kaca objek dan tetesilah dengan air
4.      Tutuplah secara hati-hati kaca objek dengan kaa penutup
5.      Pasanglah preparat tersebut padameja benda mikrosskop dan amati dengan perbesaran lemah emudian perbesaran kuat.
6.      Gambarlah hasilnmu dan berikan keterangan.

B.      Membuat Preparat sel Bawang Merah
1.      Lepaskan lembaran suing bawang merah dan patahkan menjadi 2, pada pinggir bagian yang patah terlihat selaput tipisepidermis,ambillah selaput tersebut kemudian letakkan pada kaca objek dan tetesi dengan air.
2.      Tutuplah secara hati-hati kaca pbjek dengan kaca penutup
3.      Pasanglah preparat pada meja benda mikroskop
4.      Amatilah dengan pembesaran lemah kemudian pembesaran kuat
5.      Gambarlah hasil pengamatanmu dan berikan keterangan



HASIL PENGAMATAN
Setelah melakukan pengamatan dan berhasil menemukan struktur sel, kemudian di gambar sesuai bentuk sel yang diamati, berikut adalah gambar hasil pengamatan beserta keterangannya.
a.      Gambar sel mati pada sel gabus
Sel Gabus Singkong
 b.      Gambar Epidermis Bawang Merah
                               
Sel Kulit Bawang Merah

  1. Sel epidermis bawang merah yang sudah kami teliti mempunyai bentuk yang rapi kotak-kotak, meskipun tidak kotak sempurna. Ini dikarenakan bawang merah adalah.tumbuhan. Mengapa demikian karena sel tumbuhan meiliki dinding sel di luar membrannya. Sehingga terlihat rapi saat kita melihat melalui mikroskop.
2.      Kalau kita melihat warna dari sel epidermis bawang merah yang sudah kami teliti. Sel tersebut berwarna keungu-unguan karena mengandung kloroplas meski tak selalu mengandung klorofil.

Sel adalah suatu susunan atau unit terkecil yang menyusun mahluk hidup. Di dalam sel terjadi berbagai kegiatan kehidupan seperti makan, mengeluarkan zat sisa, bernafas, berkembangbiak, dan berbagai aktivitas kehidupan lainnya. Oleh sebab itu, sel disebut juga unit fungsional terkecil dari kehidupan. Namun pada sel mati, sel tidak melakukan kegiatan kehidupan. Bila diamati di bawah mikroskop, pada sel mati akan terlihat ruang-ruang kosong. Hal ini disebabkan karena protoplasma telah mati (mengering). Sedangkan pada sel hidup akan mengandung protoplasma yang mencangkup sitoplasma yang berisi organel-organel, seperti inti sel, plastida, mitokondria, ribosom, retikulum endoplasma, diktiosom dan mikrobodi.
PERTANYAAN /JAWABAN
1)      Jelasakan struktur sel gabus berdasarkan pengamatanmu!
Jawab: Sel pada gabus terlihat seperti deretan ruang-ruang kosong berbentuk segienam.
2)      Apakah sel gabus merupakan sel hidup atau sel mati, jelaskan pendapat anda !
Jawab:Termasuk Sel mati, Karena sel pada gabus terlihat kosong tidak terlihat organel apapun yang menyusun sel tersebut kecuali dinding sel, tidak ada aktivitas yang dilakukan sel tersebut, sehingga disebut sel yang mati.
3)      Jelaskan struktur sel bawang merah berdasarkan pengamatan  anda !
Jawab: Bentuknya seperti balok yang disusun miring. Bermacam-macam. Sel epithel bawang merah heksagonal memanjang, sel epithel pipi berbentuk bulat, dan sel epitel daun adam hawa berbentuk segienam

.
4)         Jelaskan perbedaan anatara sel gabus dan sel bawang merah !
Jawab:
Sel gabus :
·         Termasuk Sel mati
·         berbentuk segienam.
         Sel bawang merah :
·         Termasuksel hidup
·         Berbentuk balok
·         Memiliki cairan inti
5)      Adakah cairan dalam sel epidermis bawang merah, apa nama cairan tersebut, jelaskan fungsi cairan tersebut !
Jawab: Ada. Cairan pada bawang merah disebut Cairan Inti (nukleoplasma) berupa gel dan transparan dan cairan ini disebut karyotin yang mengandung senyawa kimia yang kompleks.Fungsinya untuk melindungi vakuola.
6)      Apakah Sel bawang merah sel hidup atau sel mati, jelaskan pendapat anda !
Jawab: Sel bawang merah termasuk sel hidup, karena sel bawang merah mempunyai inti sel,memiliki cairan didalamnya,dan ada aktifitas yang terjadi didalamnya seperti pertukaran zat dalam sel.
7)      Buatlah kesimpulan dari hasil pengamatan anda tentang sel gabus dan sel bawang merah!
Jawab: Setelah mengamati Dengan menggambar dan memberikan nama pada setiap bagiannya tentunya kita dapat melakukan sebuah pembahasan pada sel mati, sel hidup, bentuk sel dari beberapa jenis sampel dan membandingkannya dengan teori yang didapat dari berbagai sumber dapat diambil suatu kesimpulan yaitu :
  1. Sel gabus (Manihot utilissima) yang dipotong melintang tampak berbentuk segienam, sel yang satu dengan sel yang lainnya tersusun rapi dan rapat, di dalam dinding sel terlihat kosong. Hal ini menyatakan bahwa sel gabus adalah sel mati.
  2. Suatu sel dikatakan mati apabila pada saat  dilihat di bawah mikroskop memiliki ruang-ruang kosong pada protoplasmanya, karena sel yang hidup memiliki isi pada protoplasmanya. Sel mati tersebut ditunjukan pada pengamatan sayatan gabus singkong.
  3. Suatu sel dikatakan hidup apabila mengandung protoplasma yang mencakup sitoplasma yang berisi organel-organel, seperti inti sel, plastida, mitokondria, ribosom, retikulum endoplasma, diktiosom dan mikrobodi.
  4. Selain itu bentuknya seperti segi lima atau segi enam
  5.  Sementara pada hidup (bawang merah), memiliki struktur yang jauh lengkap dari pada sel mati, yaitu memiliki, inti sel,dinding sel,kloroplas,membran sel, dan sitoplasma
  6. Berwarna merah muda pada bagian selnya karena mengandung plastid yang menghasilkan kloroplas.
  7. Dan pada epitel, mempunyai tiga bagian yaitu membran plasma, inti sel, dan sitoplasma
  8. Sel pada bawang merah dan epitel mempunyai peran yang cukup penting bagi kelangsungan hidup
  9. Sementara pada sel mati( gabus batang singkong) tidak lagi berperan bagi kehidupan
  10. Pengamatan epitel mukosa mulut memperlihatkan bentuk sel yang tidak beraturan. Sel-sel penyusun epitel mukosa mulut berbentuk tidak teratur. Dari hasil pengamatan, sel mukosa mulut juga tidak memperlihatkan suatu warna yang khas, sehingga hanya terlihat polos tanpa ada warna-warna lain yang lebih mencolok.
  11. Berdasarkan hasil pengamatan pada sel tumbuhan terdapat butiran-butiran berwarna hijau pada sel tumbuhan tersebut yang disebut plastida. Plastida adalah organel yang meghasilkan warna pada sel tumbuhan. Plastida  berfungsi untuk fotosintesis, dan juga untuk sintesis asam lemak yang diperlukan untuk pertumbuhan sel tumbuhan. Tergantung pada fungsi dan morfologinya, plastida biasanya diklasifikasikan menjadi kloroplas, leukoplas (termaduk amiloplas dan elaioplas), atau kromopas.



2 komentar: